Selasa, 27 Juli 2010

Kulit Hitam Pertama Yang Menjadi Anggota Parlemen di Rusia : Jean Gregoire Sagbo

Sejarah pertama seorang pria kulit hitam menjadi anggota parlemen di Rusia, tepatnya di kota Novozavidovo yang berada 100 kilometer utara Moskow yang berpenduduk 10.000 jiwa. Seorang sales real-estate milik konglomerat moskow ini berdarah Benin, Afrika Barat yang menyunting gadis Novozavidovo pada tahun 1989 dan dikaruniai 2 orang anak. Setelah 21 tahun menetap di kota ini, Jean Gregoire Sagbo (48 tahun) yang semula tak ingin masuk ke dunia politik, akhirnya terpilih 1 dari 10 anggota parlemen Novozavidovo atas dorongan dari masyarakat.

Sesudah ia menjadi anggota parlemen, ia mencanangkan berbagai program pemberantasan narkoba, memasyarakatkan pemasangan pemanas di perumahan dan membersihkan danau dari polutan.

Jean Gregoire Sagbo datang ke Rusia pada tahun 1982 untuk belajar ekonomi di Moskow. Dia juga dijuluki "Obamanya Rusia" tetapi dia tidak menyukai julukan tersebut, "Nama saya bukan Obama. Ini sensasionalisme. Dia (Obama) hitam, saya juga hitam, tetapi situasinya sungguh berbeda", ujar Sagbo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://aneka2info.blogspot.com/